Blogger templates

Home » » pendidikan life skill berdasarkan surat An-Nisa ayat ke-9

pendidikan life skill berdasarkan surat An-Nisa ayat ke-9

Written By Rizal Budianto on Sabtu, 08 Juni 2013 | 02.52

Baiklah, di postingan ini saya akan membahas tentang pendidikan life skill berdasarkan surat An-Nisa ayat ke-9


A. Ayat dan Terjemah Beserta Kandungan QS. An-Nisa ayat 9
وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا

Dan hendaklah manusia takut kepada Allah, bila seandainya mereka meninggalkan anak-anaknya, yang dalam keadaan lemah, yang mereka khawatirkan terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan mengucapkan perkataan yang benar”. (An-Nisa: 9)

            Surat An-Nisa ayat 9 menerangkan bahwa kelemahan ekonomi, kurang stabilnya kondisi kesehatan fisik dan kelemahan intelegensi anak, akibat kekurangan makanan yang bergizi, merupakan tanggung jawab kedua orang tuanya. Maka disinilah hukum islam memberikan solusi dan kemurahan untuk dilaksanakannya KB, yang mana untuk membantu orang-orang yang tidak menyanggupi hal-hal tersebut, agar tidak berdosa dikemudian hari, yakni apabila orang tua itu meninggalkan keturunannya atau menelantarkannya, akibat desakan-desakan yang menimbulkan kekhawatiran mereka terhadap kesejahteraannya. Ayat ini juga menjelaskan mengenai harta waris. Turun sebagai peringatan kepada orang-orang yang berkenaan dengan pembagian harta warisan agar jangan menelantarkan anak-anak yatim yang dapat berakibat pada kemiskinan dan keberdayaan.

B. Pendidikan Life Skill
            Pendidikan Life Skill adalah kecakapan hidup yang dimiliki oleh seseorang untuk berani menghadapi problema kehidupan secara wajar, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya.
            Menurut Jacques Delor, pada dasarnya program life skills ini berpegang pada empat pilar pembelajaran, yaitu sebagai berikut:
-Learning to know (belajar untuk memperoleh pengetahuan)
-Learning to do (belajar untuk dapat berbuat/bekerja)
-Learning to be (belajar untuk menjadi orang yang berguna)
-Learning to live together (belajar untuk dapat hidup bersama dengan orang lain)

C. Hubungan Pendidikan Life Skill dan QS. An-Nisa ayat 9

            Pendidikan berkelanjutan dan pengembangan karakter serta mempersiapkan generasi yang tangguh dalam aspek kehidupan menjadi tugas bagi keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Setiap muslim, baik sebagai individu maupun komunitas, harus berupaya mewujudkan generasi yang berkualitas dalam semua aspek kehidupan manusia. Cara terbaik untuk melakukan tersebut adalah melalui pendidikan yang bermutu yang dapat menggali dan mengembangkan semua potensi yang dimiliki secara optimum.

Terima kasih telah sudi membaca postingan yang masih banyak kekurangannya ini, semoga bermanfaat, kritik dan saran bisa dituliskan di kolom komentar.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogger news

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. QUR'AN HADIST - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger