Blogger templates

Home » » Konsep At-Tilawah, At-Ta'lim, dan At-tazkiyah

Konsep At-Tilawah, At-Ta'lim, dan At-tazkiyah

Written By Rizal Budianto on Selasa, 25 Juni 2013 | 04.38


I. Konsep At-Tilawah
a. Definisi Tilawah
    Tilawah secara bahasa artinya tabi'a - mutaba'ah artinya mengikuti. Bisa dengan cara mengikuti badannya atau orang, mengikuti hukumnya , dan mengikuti bacaannya dengan memperhatikan mengkaji isi yang terkandung di dalamnya. Atau dengan kata lain Tilawah berarti membaca dan memahami karena harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan kebaikan. Sementara,qiraah yang berasal dari kata qara'a artinya menggabungkan huruf-huruf dan kalimat-kalimat antara satu dengan yang lainnya dalam bacaan dengan tarril. Tartil adalah membaca dengan pelan-pelan dan memperhatikan tajwidnya.


II. Konsep At-Ta'lim
a. Definisi Ta'lim
  Ta'lim secara bahasa berarti pengajaran. Secara istilah berati pengajaran yang bersifat pemberian atau penyampaian pengertian, pengetahuan, dan keterampilan. Atau dapat diartikan sebagai suatu cara menyadarkan jiwa atau diri untuk dapat memahami sebuah makna. Menurut Abdul Fattah Jalal, ta'lim merupakan proses pemberian pengetahuan, pemahaman, penegrtian, tanggung jawab , sehingga diri manusia itu menjadi suci atau bersih dari segala kotoran sehingga siap menerima hikmah dan mampu mempelajari hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya. Mengacu pada definisi ini, ta'lim berarti adalah usaha terus-menerus manusia sejak lahir hingga mati untuk menuju posisi tidak tahu ke posisi tahu. Tujuan Ta'lim yaitu mendorong untuk belajar, menyebarkan cinta tulis baca dalam kehidupan di antara manusia, dan mengetahui hakikat arti dan isi syariat atau mengetahui dasar hukum.

1. Manhaj al-Tilawah : Hal ini bermuatan penanaman awal Aqidah dan Akhlak
2. Manhaj Tazkiyah : Dalam hal ini bermuatan pembersihan, aqidah, akhlak, dan harta
3. Manhaj Ta'lim  : Dalam hal ini bermuatan pengembangan pembinaan Rasulullah memdidik manusia agar berkembang maju, berilmu pengetahuan.

III. Konsep al-Tazkiyah
a. Definisi al-Tazkiyah


Secara bahasa, tazkiyah annafs berasal dari dua kata yakni tazkiyah dan nafs. Tazkiyah berarti pembersihan, penyucian, atau pemurnian. Sedangkan annafs adalah kata yang multimakna yaitu diri, jasad, jiwa/ruh. Konsep Tazkiyah adalah konsep yang dipelopori oleh para tasawuf. Dalam Tazkiyah yang dikembangkan adalah tentang ilmu yang bermanfaat, amal sholeh, dan meninggalkan perbuatan tercela. 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. QUR'AN HADIST - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger